Kita semua tahu bahwa material baja ringan adalah material yang terkenal tahan dengan karat karena telah diberi lapisan anti karat (coating) yang melindungi material dasarnya.Tetapi,apakah baja ringan juga dapat berkarat?

Jawabannya adalah “Iya” ,namun baja ringan berkarat bukan karena material baja ringannya,apalagi  kualitas material baja ringan tersebut sudah sangat dipercaya.Lalu,apa yang membuat baja ringan dapat berkarat ?

Tergores Alat Kerja

Dalam pemasangan baja ringan untuk atap ,floordeck maupun dinding,baja ringan kadang kala perlu dipotong agar ukuran sesuai dengan yang diinginkan.Namun jika pekerja tidak menahu soal cara pemotongan dan pemasangan baja ringan yang baik,lapisan coating (anti karat) akan sangat mudah tergores,dan akhirnya baja ringan menjadi mudah berkarat.Maka dari itu,untuk pemasangan baja ringan,dibutuhkan pekerja yang benar-benar tahu soal baja ringan sehingga menimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Larutan Asam

Larutan asam akan sangat reaktif bila bersentuhan/bersinggungan langsung dengan permukaan baja ringan.Larutan asam yang sering dijumpai adalah yang terkandung di dalam produk pembersih lantai atau keramik,maka dari itu akan lebih baik jika baja ringan dijauhkan dari produk produk yang mengandung larutan asam seperti produk yang dicontohkan di atas.

Air Semen

Air semen akan merusak lapisan anti karat pada baja ringan,maka dari itu akan lebih baik menjauhkan baja ringan dari air semen sehingga tidak terjadi reaksi kimia yang berpotensi merusak lapisan coating.Jauhkan baja ringan dari pembentukkan beton dan pengadukkan semen.

Dengan menjauhkan baja ringan dari hal hal di atas,maka baja ringan akan berumur panjang,dan konsumen tidak akan rugi karena harus mengganti baja ringan yang sudah berkarat dengan baja ringan yang baru.Semoga hal-hal diatas dapat membantu anda dalam proses konstruksi baja ringan.

 

Anda membutuhkan baja ringan berkualitas namun dengan harga terjangkau untuk keperluan konstruksi? Segera pesan melalui nomor kontak di bawah,dan dapatkan pelayanan terbaik dengan harga terbaik.

Mobile Phone : 081 2702 7779

Telepon          : 024 658 3638