Skip to main content Skip to search

BEKISTING

 

Bondek mempunyai banyak ketebalan mulai dai 0.65 – 0.75 mm dengan lebar 1 meter. Terdapat tips pengaplikasian dasar untuk bondek,yaitu :

  • Arah luas lipatan untuk bentang ( jarak ) antar balok terpendek, misalkan : Persegi bidang 3m x 6m maka akan lebih baik menggunakan bondek dengan panjang 2.9 m x 1 m dan jumlah potongan adalah kurang lebih 8 lembar.

PT Auri Steel Metalindo memproduksi Bondek dengan ketebalan berkisar antara 0.7 mm – 0.75 mm dan dengan panjang yang dapat di custom sesuai dengan kebutuhan. Dengan kualitas yang terjamin dan harga yang bersaing, bondek produksi PT Auri Steel menjadi andalan bagi konsumen dalam hal konstruksi bangunan, hubungi kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk – produk di PT Auri Steel Metalindo.

Demikian ulasan sederhana tentang Bondek. Terima kasih sudah selalu mengikuti tulisan – tulisan dari kami.

 

Kita pasti sering melihat benda di atas, namun tidak tahu sebenarnya apa sih itu?. Banyak cafe yang menggunakan langit – langit dari benda tersebut untuk menunjukkan kesan aestetik. Namun apakah benda itu hanya hiasan?

Bukan, benda itu adalah Bondek. Bondek adalah bahan galvanis yang dibentuk menyerupai “seng gelombang” tapi bukan sebagai fungsi material penutup atap seng. Bondek adalah material pelapis bawah cor lantai beton sebagai penganti bekisting kayu (triplek). Bondek juga sekaligus di desain untuk mengkonversi penggunaan besaran diameter besi dan mengkonversi ketebalan cor beton. Sistem tekuk (gelombang plat) di desain sekaligus membantu kekuatan struktur beton cor plat lantai.

 

Bondek memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan kayu, yaitu :

  • Apabila menggunakan bondek sebagai pengganti bekisting kayu, maka saat cor lantai sudah kering, bondek tidak perlu dilepas karena sudah menjadi satu sebagai unsur kekuatan struktur.
  • Dengan menggunakan bondek sebagai pengganti bekisting, akan mengurangi kebutuhan tiang – tiang dan balok penyangga.
  • Hasil akan lebih rapi dan tidak akan terjadi resiko cor beton keropos akibat bekisting yang bocor.
  • Bangunan dengan konstruksi menggunakan baja ringan akan pas karena hasil akan lebih rapi, dan langsung dapat di finishing cat di bawahnya ( untuk bondek ).

Namun dalam kebutuhan bondek, perlu perhitungan yang matang karena bondek tidak mudah untuk dipotong, sehingga sebelum membeli bondek diperlukan perhitungan yang pas dari tukang yang akan mengerjakan. Dalam pemasangannya, membutuhkan pekerja tukang yang telah berpengalaman dalam hal konstruksi baja ringan, karena tidak semua tukang mengerti akan struktur baja ringan.