Artikel ini akan membahas tips-tips untuk memilih baja ringan yang baik sehingga aman untuk keluarga dan orang sekitar.

Baja ringan telah dikenal oleh banyak sekali masyarakat dan telah dipergunakan untuk membangun sebuah rumah maupun pabrik.Oleh karena itu, kualitas baja ringan sangat berpengaruh dalam memilih merk baja ringan agar tidak merugikan di kemudian hari.

Namun,seringkali kita masih asal dalam memilih baja ringan hanya karena harganya yang murah,tetapi dalam hal kualitas tidak sesuai ekspetasi kita,akhirnya biaya yang dikeluarkan pun akan semakin membengkak karena baja yang berkarat sebelum waktunya.

Baja ringan sendiri memiliki kekuatan tahan terhadap karat untuk 50 tahun,maka dari itu agar kita merasakan kekuatan tahan karat tersebut dalam jangka waktu yang sangat lama,maka kita harus tahu apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih baja ringan yang baik.

  1. Baja ringan harus sudah memiliki sertifikat SNI.Kita tahu bahwa SNI atau Standar Nasional Indonesia adalah patokan utama untuk sebuah  produk,karena dengan memiliki sertifikat SNI,maka produk dipastikan sudah lolos uji dan terbukti aman bagi konsumen.

 

  1. AZ 100.Baja ringan memiliki coating/lapisan anti karat,dan Lapisan AZ 100 adalah coating dengan substrat berketebalan aluminium dan seng (zinc). Komposisi lapisannya adalah 55% aluminium, 43,5% seng, dan 1,5% silikon dengan kadar coating 100 gram/meter persegi . Lapisan AZ 100 tersebut melindungi baja, sehingga aman dan lebih tahan karat,cuaca, serta cerah lebih lama.

 

  1. G550.G550 adalah tegangan leleh minimum (minimum yield strength) 550 Mpa.Jika lebih dari G550,profil baja ringan akan terlalu berat,namun jika kurang dari G550,baja ringan akan mudah melengkung dan patah.Maka pastikan bahwa baja ringan yang anda beli bertuliskan G550 pada permukaannya.

 

  1. Profil baja ringan.Di Indonesia,profil baja ringan paling umum adalah PROFIL C dan PROFIL U,untuk profil C diaplikasikan ke rangka baja,sedangkan procil U diaplikasikan ke reng atau batten.C.75.75, mengartikan bentuk profil C dengan tinggi 75 mm dan ketebalan /thikness 0,75mm,dalam penulisan kode terdapat juga model penulisan C.75.35.0,75, yang mengartikan bentuk profil C dengan tinggi 75 mm, dan lebar sayap 35 mm dan thickness 0,75 mm. Selain C.75.75 juga diproduksi C.75.60, C.75.65, C.75.70, C.75.80, C.75.100

Itulah beberapa tips agar anda tidak salah dalam memilih baja ringan untuk rumah maupun pabrik anda,sehingga orang-orang yang bernaung di dalamnya pun menjadi aman,nyaman dan tidak was was.

Karena keamanan adalah tujuan utama,maka dari itu PT Auri Steel Metalindo menghadirkan produk-produk baja ringan yang sudah sesuai Standar Indonesia,sehingga menjadi produk anggalan dan terpercaya bagi masyarakat Indonesia.

Percayakan kualitas produk Baja Ringan pada kami,PT Auri Steel Metalindo.

Segera hubungi kami untuk berkonsultasi tentang produk-produk unggulan kami.